Wisata Kuliner Di Bali? Kenapa Tidak?

Spread the love

Bali memang paling terkenal dengan keindahan alam dari mulai pantai hingga pegunungan. Namun wisata kuliner di Bali tidak bisa dikesampingkan karena banyak makanan khas bali yang sangat layak untuk dieksplor. Namun bagi anda yang beragama Islam, ada baiknya untuk bertanya apakah makanan yang akan anda konsumsi itu halal atau tidak. Keragaman penganut agama di Bali sangat banyak sehingga tidak menutup kemungkinan anda akan menemukan beberapa makanan khas Bali yang tidak halal. Apa kuliner yang bisa anda temukan di Bali? Berikut pembahasannya.

Makanan Khas Bali

Bali memiliki banyak makanan yang sangat kaya akan rasa, tidak kalah dengan daerah lain, Bali juga memiliki banyak makanan khas. Berikut adalah beberapa makanan khas Bali yang layak untuk dicicipi :

  • Nasi Campur

Makanan khas Bali ini cukup dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Nasi campur sebenarnya adalah nasi rames yang memiliki aneka macam sayur dan lauk. Untuk nasi campur daerah Bali biasanya akan disajikan dengan menu daging suwir, sate lilit dan urap atau lawar. Selain itu ada juga potongan telur dan kacang tanah goreng dan sambal matah. Jika anda berkunjung ke Bali, anda bisa menemukan tiga jenis nasi campur yang umum dihidangkan yaitu nasi campur babi guling, nasi campur ayam dan nasi pedas atau nasi dengan sambal yang sangat menggiurkan. Nasi campur sangat mudah untuk ditemukan di sepanjang jalan di Bali.

  • Babi Guling

Bagi umat muslim, menu ini tentu saja tidak layak untuk dicoba. Tapi bagi orang yang non muslim makanan khas ini menjadi makanan yang cukup favorit. Bahkan babi guling Bali cukup terkenal di kalangan turis mancanegara. Kuliner di Bali yang satu ini cukup mudah ditemukan di sepanjang jalan di tempat wisata Bali. Anda bisa menemukan babi guling dari restoran berbintang hingga warung pinggir jalan. Menu ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan.

  • Ayam Betutu

Makanan ini berasal dari daerah Gilimanuk dan namanya sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Ayam betutu adalah ayam yang dimasak dengan rempah khusus dan pada proses memasaknya membutuhkan waktu yang lama. Karena lamanya proses memasak membuat ayam yang dihasilkan menjadi sangat empuk dan rasa pedas yang meresap ke daging paling dalam dari ayam. Anda bisa menemukan menu ayam betutu di hampir semua restoran di sekitar tempat wisata yang ada di Bali terutama di daerah Bali selatan.

  • Lawar

Pada mulanya lawar adalah makanan khas Bali berupa daging babi yang dicampur dengan sayuran. Namun karena banyaknya peminat dari umat muslim, makanan ini disesuaikan dan dagingnya diganti dengan daging ayam atau bebek yang halal. Lawar menjadi menu khas Bali yang lebih universal setelah adanya opsi daging yang disajikan.

  • Sate Lilit

Salah satu menu khas Bali yang cukup populer adalah sate lilit. Yang membedakan sate lilit dengan sate lainnya adalah daging yang disajikan digiling terlebih dahulu baru kemudian dililitkan ke tusuk sate. Sate lilit adalah menu favorit yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Dimana Bisa Menemukan Makanan Khas Bali?

Kuliner di Bali bisa anda temukan di semua food court yang ada di Bali. Bahkan tidak hanya restoran mewah yang menyajikan menu khas Bali, warung pinggir jalan yang sederhana saja menyediakan menu makanan khas Bali yang cukup menggoda untuk dicoba.