Tempat Snorkeling Terbaik Dan Terpopuler Di Bali

Spread the love

Bali adalah pulau cantik yang ada di Indonesia, pulau ini menawarkan banyak sekali tempat wisata. Setiap harinya ada jutaan wisatawan yang datang ke Bali untuk mendatangi tempat wisata terbaik di Bali. Salah satu tempat wisata yang wajib sekali di kunjungi adalah Pantai, kebanyakan Pantai di Bali indah-indah dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai tersebut. Salah satu kegiatan yang sangat disukai wisatawan saat ke Pantai adalah melakukan snorkeling, Bali sendiri punya tempat snorkeling yang indah dan berikut adalah tempatnya.

  • Pemuteran

Pemuteran terletak di Bali Utara, tepatnya di antara Buleleng dan Gilimanuk. Pemuteran terkenal karena tanaman laut dan koral yang sangat indah, bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik Pemuteran sebab banyak juga biota laut yang dapat ditemukan waktu snorkeling. Biota laut yang bisa dilihat ada lobster, anemon dan jenis ikan laut yang unik dan cantik. Jika mau snorkeling baiknya waktu pagi hari saja sebab kalau sudah agak siang air laut sangat tinggi.

  • Pantai Amed

Pantai Amed terkenal bagus sekali karena menyuguhkan indahnya pemandangan bawah laut yang tidak akan bisa dilihat di pantai mana pun. Pantai Amed terkenal dengan keindahan terumbu karang yang masih alami sekali sebab dilindungi dengan sangat baik sehingga tidak mengalami kerusakan. Selain dapat melihat terumbu karang bisa juga melihat kapal karam yang dihuni biota laut, tetapi untuk snorkeling harus benar-benar mahir sebab agak dalam pantainya.

  • Blue Lagoon

Blue Lagoon sudah sangat terkenal sekali, tempat snorkeling ini terletak di dekat Pantai Padang Bai. Untuk para pemula yang mau mencoba snorkeling disarankan melakukannya di Blue Lagoon saja sebab pantainya sangat tenang dan pantainya tidak terlalu dalam juga jadi aman sekali. Jenis biota laut yang ada di Blue Lagoon ini adalah ikan hiu karang, ikan sapi-sapi, morish idol dan juga murray.

  • Nusa Penida

Nusa Penida adalah pula yang terletak di Bali yang memiliki banyak spot untuk snorkeling, dalam sehari wisatawan bisa datang ke berbagai spot snorkeling. Untuk spot yang paling sering didatangi adalah Crystal Bay dan juga Manta Point. Kalau datang ke Manta Point bisa berenang dengan ikan Manta atau ikan pari, tetapi datangnya harus pagi sebab kalau sudah siang ikan ini akan berenang ke tengah pantai. Kalau di Crystal Bay bisa melihat ikan mola-mola dan juga ikan finding nemo, jadi wajib mendatangi keduanya.

Alat Snorkeling Yang Wajib Dimiliki Pemula

Snorkeling bukanlah kegiatan yang menakutkan dan membahayakan untuk dilakukan tetapi kalau yang melakukan masih pemula itu bisa berbahaya. Makanya untuk pemula kalau akan snorkeling baiknya minta bantuan pendamping saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk pemula perlu tahu alat apa saja yang dipakai waktu snorkeling, alat tersebut tidaklah banyak dan berikut alat-alatnya.

  • Masker Selam

Masker selam ini akan melindungi beberapa bagian wajah seperti hidung dan mata.  Masker yang harus digunakan harus yang pas sebab kalau kebesaran bisa-bisa air masuk ke hidung atau mata, untuk tahu ukurannya pas atau tidak maka cobalah dulu tetapi jangan memakai tali maskernya. Jika memang masker jangan bernafas menggunakan hidung sebab menyebabkan masker jadi berembun jadi nafasnya pakai mulut saja.

  • Kaki Katak

Kaki katak ini akan membantu mempercepat laju waktu menyelam, kaki katak sendiri yang dapat digunakan ada dua jenis yaitu tumit terbuka dan tertutup. Kaki katak ini akan melindungi kaki dari terumbu karang, bulu babi dan dinginnya air laut. Jika mau beli kaki katak pastikan ukurannya pas, sebab kalau tidak bisa-bisa akan terlepas waktu menyelam.

  • Snorkel Selam

Snorkel adalah alat terpenting untuk snorkeling sebab bisa melindungi mulut. Alat ini juga bisa menjadi jalan masuk dan keluarnya udara saat menyelam, makanya wajib sekali punya snorkel tersebut. Ukuran selang udara di snorkel rata-rata 2 cm dan memiliki panjang 30 cm, selang jangan terlalu panjang karena menyulitkan waktu bernafas.

Tips Aman Melakukan Snorkeling Untuk Pemula

Snorkeling wajib sekali dicoba kalau ke Bali tetapi kalau masih pemula harus berhati-hati sekali sebab bisa saja tenggelam atau mengalami kejadian tidak mengenakan lainnya. Agar snorkelingnya aman maka sebelum melakukannya harus mengecek dulu peralatannya dan pelajari cara pemakaian alatnya. Jika alatnya sudah lengkap dan tahu cara pemakaian masing-masing alatnya bisa langsung snorkeling.

Untuk pemula baiknya jangan sendirian waktu snorkeling, berenangnya itu harus berkelompok. Sebab ada kemungkinan mengalami kram jadi bisa langsung mendapatkan bantuan dari teman. Waktu menyelam juga jangan lupa ambil nafas yang panjang dulu agar nantinya tidak bolak-balik naik ke permukaan dan ingat buatlah diri senyaman mungkin saat snorkeling agar bisa menikmati pemandangan laut.