3 Tips Saat Melakukan Rafting Bagi Pemula

Spread the love

Masyarakat yang suka sekali dengan kegiatan outdoor pasti akan mencari kegiatan yang memicu adrenalin, salah satu yang bisa dicoba adalah arum jeram atau rafting. Kegiatan ini memang menyenangkan sekali dan tidak akan membosankan meskipun dilakukan sampai berkali-kali. Tetapi kalau baru mau mencoba rafting benar-benar harus hati-hati karena kalau tidak tahu tata cara yang benar bisa terluka waktu melakukannya.

Tips Agar Aman Saat Bermain Rafting

Apabila tidak mau terjadi kecelakaan maka ikuti tips berikut ini saja.

  • Pakailah Pakaian Yang Tepat

Pakaian yang dikenakan waktu rafting benar-benar harus diperhatikan sebab pakaian bisa mempersulit saat rafting. Waktu rafting jangan memperhatikan penampilan, hindari memakai baju yang tidak lentur, misalnya pakai jeans atau pakai kemeja. Selain itu jangan pakai perhiasan juga sebab bisa-bisa hilang entah ke mana karena waktu rafting sering jatuh. Pakaian yang harusnya dipakai cukup celana pendek, kaos dan pakai juga sandal yang bertali saja.

  • Pakai Pelindung

Rafting menjadi kegiatan yang agak berbahaya makanya harus pakai pelindung atau perlengkapan yang lengkap. Untuk pelindung yang wajib digunakan adalah helm dan rompi pelampung. Helm yang harusnya digunakan juga yang pas dengan kepala sebab kalau kebesaran atau kekecilan bisa-bisa lepas. Rompi pelampung wajib digunakan meskipun sudah pintar berenang, sebab ada kemungkinan mengalami kram sehingga tidak dapat berenang.

  • Duduk Di Posisi Yang Tepat

Posisi duduk di perahu itu penting sekali sebab mempengaruhi keamanan waktu rafting, untuk posisi yang benar bukannya di tengah perahu tetapi di tepi perahu. Jika sudah dimulai harus memperhatikan gerakan mendayungnya juga sebab kalau salah bisa-bisa perahu akan terbalik. Waktu mendayung perhatikan kekuatan yang digunakan jangan terlalu keras mendayung dan wajib ikuti arahan dari pemandu.

3 Tempat Rafting Terbaik Di Bali

Indonesia memiliki banyak sekali tempat rafting dan salah satu daerah yang punya tempat rafting terbaik adalah Bali. Bali ini bukan saja terkenal dengan pantainya yang indah tetapi banyak sungai besar yang cocok sekali dijadikan tempat rafting. Untuk para pencinta rafting wajib sekali mendatangi tempat-tempat rafting seperti di bawah ini.

  • Sungai Ayung

Wisata rafting di Bali memang tidak kalah dari wisata pantainya, sebab wisata ini menyenangkan sekali. Jika mendatangi Kuta bisa mendatangi wisata rafting sungai Ayung, wisata inilah yang menjadi pelopor kegiatan arung jeram di daerah Bali. Sungai Ayung unik sekali sebab melintasi banyak air terjun, selain itu tebing-tebing batu juga ada di sepanjang pantai. Jadi selain bisa menikmati kegiatan rafting bisa juga melihat pemandangan sepanjang pantai yang masih alami.

  • Sungai Telaga Waja

Sungai Ayung memang bagus tetapi Telaga Waja juga tidak kalah sebab tempat ini menawarkan jalur rafting yang menantang dan lintasannya panjang juga. Air di sungai ini jernih sekali karena langsung dari sumber mata air gunung Agung, untuk kedalaman sungai tidak terlalu dalam. Untuk pemula baiknya jangan melewati jeram yang tinggi sebab terlalu berbahaya, baiknya minta ke pemandu saja untuk melewati jeram tersebut saja. Pemandangan yang disuguhkan juga indah sekali, selain melihat sawah juga bisa melihat megahnya Gunung Agung.

  • Sungai Melangit

Kabutan Klungkung di Bali juga menyediakan wisata rafting, rafting ini dilakukan di Sungai Melangit dan panjang lintasannya mencapai 7 km. Untuk pemula cocok sekali datang ke tempat ini karena tidak terlalu berbahaya tetapi asyik kalau rafting di sungai tersebut. Selain dapat rafting ada juga wisata petualangan lainnya yang dapat dicoba di tempat ini, seperti naik ATV atau naik gajah.

Berapa Biaya Rafting Di Bali?

Rafting memang menyenangkan tetapi untuk biayanya itu cukup menguras kantong jadi perlu menabung dulu kalau memang ingin mencoba rafting di Bali. Besarnya biaya rafting ini dikarenakan perlengkapan yang digunakan itu lengkap sekali dan sudah pasti amannya jadi wajar sekali kalau harganya itu cukup mahal. Untuk jumlah total biaya yang harus dibayar adalah 200 sampai 300 ribu. Untuk wisatawan dalam negeri dan luar negeri biaya lebih murah yang dalam negeri jadi beruntung sekali untuk wisatawan lokal karena diberi diskon.